Nikmatnya Wisata Kuliner Jajanan Khas Sunda

Tak hanya terkenal dengan budaya dan wisata alam yang indah, Jawa Barat juga terkenal dengan beragam jajanan tradisional yang unik, menarik dan tentunya menggugah selera. Cita rasa yang nikmat selalu menjadi hal yang dijadikan alasan wisata kuliner jajanan sunda banyak digemari para pecintanya. Meskipun kini telah banyak jajanan modern disajikan di tanah pasundan, namun jajanan tradisional tanah pasundan ini tak pernah sepi dari para penikmatnya.

Nikmatnya Wisata Kuliner Jajanan Khas Sunda


Penasaran apa saja dan seperti apa jajanan nan lezat dan menggugah selera dari Jawa Barat ini ? mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Jajanan Tradisional Khas Sunda


Combro dan Misro
Combro dan Misro jajanan yang memiliki nama yang hampir sama namun berbeda pada kenyataannya. Kedua jajanan ini dibuat dari singkong dengan isian. Combro atau oncom dijero (oncom didalam) ini berisikan oncom yang sudah dibumbui sedangkang misro (manis didalam) atau amis dijero ini berisikan gula merah.




Cireng
Cireng atau aci digoreng merupakan makanan yang cocok dihidangkan dengan teh manis saat sedang bersantai . Dulu cireng ini hanya memiliki isian combro atau sambal saja, namun sekarang telah banyak varian rasa dan isian.



Surabi
Jajanan khas Sunda yang satu ini dibuat dari tepung beras. Beberapa orang mungkin sudah tak asing lagi dengan makanan ini, mengingat surabi ini sidah terkenal di seluruh Nusantara. Pada dasarnya surabi di tanah pasundan memiliki dua varian, yaitu surabi dengan rasa asin yang ditaburi oncom yang sudah di bumbui dan varian rasa manis yang diberi siraman kuah gula aren. Namun saat ini telah banyak para wirausaha kreatif yang mengembangkan varian surabi menjadi lebih beragam dengan macam-macam toping. Meskipun begitu varian surabi oncom dan surabi gula aren tetap menjadi kegemaran para pecinta kuliner tanah pasundan.




Batagor
Baso, tahu goreng atau yang lebih dikenal dengan Batagor ini ialah makanan khas tanah pasundan yang hingga kini masih banyak digemari para pecinta kuliner. Biasanya batagor ini dibuat dari tahu yang dibalut dengan tepung lalu digoreng, dan disajikan dengan disiram bumbu kacang.



Lotek
Lotek ini tak jauh berbeda dengan pecel. Berupa rebusan sayur-sayuran segar yang dicampur dengan bumbu kacang. Biasanya lotek ini disajikan dengan lontong dan kerupuk agar lebih nikmat.



Seblak
Makanan berbahan dasar kerupuk ini tengah banyak digemari banyak orang khuusnya para remaja. Rasanya yang pedas dan gurih menjadi pas di lidah para remaja. Pada umumnya seblak ini dibuat dalam dua varian, yaitu seblak basah dan seblak kering. Namun saat ini telah banyak penjual seblak kreatif yang menciptakan seblak dengan berbagai varian toping.



Putri Noong
Putri Noong atau dalam bahasa Indonesia berarti Putri yang mengintip. Kue berwarna ini dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana seperti kebanyakan jajanan tradisional pada umumnya. Bentuknya bulat dan ditengahnya terdapat potongan kecil buah pisang.



Colenak
Colenak atau dicolek enak merupakan salah satu menu wisata kuliner jajanan andalan khas tanah pasundan yang banyak digemari pecinta kuliner. Colenak sering disebut juga tape bakar terbuat dari singkong yang difermentasi lalu dibakar dan disiram dengan bumbu manis yang terbuat dari kelapa parut dan gula merah atau gula jawa.



Peuyeum
Peuyeum ini dibuat dari singkong yang difrementasi, rasanya manis dan pastinya nikmat. Biasa dihidangkan dengan tambahan minuman hangat seperti teh hangat atau kopi.



Es Goyobod
Es goyobod ini dibuat dari tepung sagu aren yang diproses menjadi seperti agar-agar. Kemudian dicampur dengan sekoteng alpukat dan disiram dengan kuah santan kelapa yang telah diberi icampur dalam santan kelapa dan es serut dengan pemanis sirup gula dan susu kental manis serta tambahan roti manis.



Es Lilin
Disebut es Lilin karena bentuknya yang menyerupai lilin. Pada dasarnya es lilin ini terbuat dari campuran santan, gula dan susu. Namun sekarang es lilin ini sudah memiliki banyak varian seperti rasa stawberu, jeruk, melon, dan leci.



 Nikmat bukan ? Jadi tunggu apalagi ? bagi anda yang sedang berlibur atau akan berlibur ke tanah Pasundan jangan lupa mencicipi jajanan khas Sunda diatas.