Pantai Tanjung Setia Surganya Para Peselancar dan Pemancing

Selain terkenal dengan Taman Nasional Way Kambas dan Gajah Lampung, ternyata Lampung ini memiliki surga tersembunyi yang amat indah. Pantai Tanjung Setia, yup sebuah pantai yang terletak di ujung Barat Lampung, tempatnya terpencil di sepanjang pantai barat lmpung, di luar hutan tebal Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Meskipun begitu gelombang di Tanjung Setia ini disebut-sebut sebagai salah satu gelombang ombak terbaik oleh peselancar-peselancar dunia, bahkan tak sedikit yang menyatakan bahwa Tanjung Setia ini setara dengan Hawaii.Wisata  Tanjung Setia ini merupakan satu dari enam obyek wisata andalan di Lampung selain Gunung Way Kambas, Anak Krakatau, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, dan Danau Ranau.

Pantai Tanjung Setia Surganya Para Peselancar

Pantai Tanjung Setia Surganya Para Peselancar


Ketika musim berselancar tiba pada puncaknya yang berlangsung pada bulan Juli sampai Agustus, tinggi gelombang di Tanjung Setia ini bisa mencapai 6 (enam) sampai 7 (tujuh) meter. Dengan alasan tersebut tak heran bila Tanjung Setia ini dijadikan tempat bermain utama bagi para Peselancar. Pantai Tanjung Setia ini juga telah memiliki Surfing Camp untuk lebih memudahkan para wisatawan yang ingin melakukan Surfing.

Pantai Tanjung Setia Surganya Para Peselancar dan Pemancing


Pemandangan menakjubkan Tanjung Setia Bali

Tanjung Setia juga menyajikan pemandangan yang menakjubkan, hal ini karena Tanjung Setia ini masih asri dan sangat terjaga kelestariannya. Pasir putih lembut yang menghiasi pantai ditambah dengan pemandangan matahari terbenam menjadi atraksi tersendiri dari Tanjung Setia. Tepian pantai yang dirimbun oleh pohon-pohon palem yang subur melengkapi suasana yang nyaman saat di Tanjung Setia.

Lepas Pantai Tanjung Setia

Jauh dari garis pantai, menjadikan lepas Pantai Tanjung Setia digemari para penggemar memancing. Lepas Pantai Tanjung Setia ini kaya ikan laut mulai tuna hingga blue marlin. Namun dari berbagai jenis ikan, ikan raksasa Blue Marlin atau yang dikenal masyarakat sebagai Iwa Tuhuk yang paling sering diincar para pemancing untuk ditangkap, kenapa demikian? karena beratnya yang bisa mencapai 50 - 70 kilogram dengan panjang hingga 170 cm.

Cottage atau pondok di kawasan Tanjung Setia Lampung
Selain itu lepas pantai Tanjung Setia ini sering digunakan sebagai tempat berkemah, belum lagi dengan disediakannya ada cottage atau pondok yang representatif bahkan alami lantaran bangunannya menyatu dengan alam. Dengan demikian akan sangat pantas jika pantai yang berada Pekon Bumi Agung, Kecamatan Biha, sekitar 22 km dari Kota Krui dijuluki sebagai mutiara terpendam.