Lihat Disini!! Telah Ditemukan Surga Diving Terindah Di Pulau Bali !!

Pulau Bali memang menyimpan sejuta pesona bagi siapa saja yang mengunjunginya. Berbagai wisata menarik disuguhkan untuk memikat para wisatawan mulai dari wisata budaya, wisata alam, hingga dengan wisata religi, semua tersedia di Bali. Tapi terkadang bagi para traveler yang sering berwisata ke Bali merasa bosan dengan spot-spot wisata yang disuguhkan. Namun, jangan kecewa Bali menyimpan banyak sekali surga tersembunyi yang belu terjamah oleh manusia. Tak banyak dari para traveler yang mengetahui keberadaan spot-spot tersembunyi ini di Bali. Seperti contoh spot yang menarik dan belum banyak diketahui para pecinta traveling ialah pulau Manjangan.

Lihat Disini!! Telah Ditemukan SurgaDiving Terindah Di Pulau Bali !!





Pulau menjangan berada di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat yakni tepatnya di Desa Klampok, Kec. Grokgak, Kab. Buleleng, Bali. Berjarak sekitar 60 km dari Lovina. Membutuhkan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 3 jam jika dari pusat wisata Kuta dan 4 jam perjalanan jika dari Denpasar.

Untuk bisa mencapai pulau ini, kamu harus menyeberang dengan kapal motor (boat) selama kurang lebih 30 – 45 menit dari Pelabuhan Lalang. Selama di perjalanan, kamu akan disuguhi oleh pemandangan gunung api di Jawa Timur sampai Prapat Agung yang dipadukan dengan pemandangan laut biru yang jernih. Jangan khawatir, di Pelabuhan Lalang sudah tersedia fasilitas yang lengkap, seperti restoran, penginapan, bar dan lainnya.

Di Pelabuhan Lalangan juga tersedia berbagai paket diving komplit yang dapat kamu pilih sesuai dengan budget kamu. Harga paket ini sudah terdiri dari sewa kapal boat + guide + asuransi + sewa peralatan snorkeling. Dengan adanya paket wisata ini tentu sangat menguntungkan karena nantinya kamu tidak perlu lagi dipusingkan dengan urusan tawar menawar.



Pulau ini adalah tempat sempurna dari keindahan panorama alam bawah laut dengan memiliki hamparan pasir putih yang masih alami dan keanekaragaman hayati laut yang sangat melimpah. Apalagi yang bisa dilakukan di tempat wisata ini selain diving dan snorkeling? Rupanya Pulau Menjangan ini juga terkenal dengan wall-divingnya. Apa itu Wall-diving? Wall-diving adalah salah satu jenis kegiatan menyelam pada kedalaman tertentu dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Kedalaman tebing bawah laut di Pulau Menjangan dari 20 sampai 60 meter, bahkan bisa lebih.

Walaupun terkenal dengan wall diving-nya, Di Pulau Menjangan juga mempunyai banyak terumbu karang dengan kedalaman mulai 10 meter. Disana kamu akan menemukan banyak ikan jenis gorgonial fanfish. Kondisi perairan di Pulau Menjangan cukup tenang sehingga jarak pandang kamu dapat mencapai 50 meter pada waktu kondisi cuaca tertentu.

Pulau Menjangan ini dikelilingi oleh terumbu karang dengan berbagai bentuk dan formasi. Formasi batuan karang berkedalaman 60 meter ini membentuk gua kecil dan gua-gua besar yang mempunyai fungsi sebagai habitat terumbu karang diantaranya seperti karang lunak, kerapu besar serta belut moray. Nantinya kamu akan menemukan kakap kecil dan batfish yang berenang hilir mudik di dalam gua-gua kecil ini.




Dasar laut pulau Menjangan juga kaya dengan spesies barrel sponges dan sea fans dengan ukuran yang sangat besar. Pada lokasi kedalaman Pulau ini juga merupakan tempat hidup bagi spesies tuna, angelfish, gerombolan jackfish, batfish, penyu laut dan juga hiu. Sungguh indah bukan? Jangan puas dulu masih banyak spot terkenal untuk diving yang seringkali dijadikan lokasi menyelam di Pulau Menjangan ini. Penasaran spot mana saja yang paling tepat untuk melakukan diving atau snorkeling ? Yuk simak daftar spot nya berikut ini !!


Secret Bay




Lokasi ini sangat tepat untuk kamu para pecinta macro diving karena lokasi ini memiliki perairan cukup dangkal dengan aneka ragam terumbu karang dan mempunyai pasir berlumpur di dasar lautnya. Tak hanya itu, di pasir vulkanis ini hidup berbagai biota laut yang langka dan endemik. Lokasi diving ini adalah lokasi yang sangat alami dan masih belum banyak terjamah.

Hanya dengan kedalaman 10 meter, kamu sudah dapat menemukan nudibranch, shrimpfish, frogfish, seahorses, dragonets, lionfish, pipefish, udang laut, belut pita dan masih ada banyak spesies lainnya yang bisa kamu temukan. Tapi jika kamu ingin menikmati keindahan dari spesies-spesies tersebut, kamu harus menyelam di waktu yang tepat.

Anchor Wreck




Anchor Wreck ini dianjurkan bagi para penyelam yang sudah berpengalaman dan cukup profesional. Lokasi diving dengan kedalaman sekitar 45 meter ini menawarkan keunikan bangkai kapal yang sudah berkarat lengkap dengan jangkarnya. Menurut cerita masyarakat, kapal ini adalah kapal laut Belanda yang tenggelam pada abad ke- 19 saat Perang Dunia ke II.

Eel gardens


Area ini sering disebut sebagai spot diving terbaik di Pulau Menjangan Bali. Terdapat banyak sekali kumpulan garden eel dan sea fans di spot yang satu ini. Kegiatan diving akan dimulai pada kedalaman dinding karang sekitar 40 meter yang kaya dengan gorgonia dan biota laut lainnya.


Sebelum kamu memutuskan untuk diving atau snorkeling terlebih dulu siapkan peralatan-peralatan yang mendukung aktivitas tersebut.Kamu juga bisa meyewa peralatan diving dan snorkeling di resort terdekat sebelum menyeberang di pulau Menjangan ini. Selain membawa perbekalan sendiri, jangan lupa untuk bawa juga kantong plastik khusus untuk baju kotor dan plastik khusus untuk sampah makanan dan minuman. Jangan sampai keindahan Pulau Menjangan ini tercemar oleh sampah kita sendiri. Selamat berlibur !!