Berburu Minuman menyegarkan khas Nusantara

Lemari Wisata || Sudah tak perlu ditanyakan lagi, Indonesia memang Negara yang tak perlu diragukan lagi keberagamannya. Mulai dari budaya hingga suku nya yang berbeda membuat Negara kita tercinta ini semakin unik. Selain itu Indonesia memiliki destinasi wisata yang amat menari k dan menggoda para traveler dunia. Namun akan percuma jika kita hanya menjelajahi Indonesia dengan menyusuri pantai, gunung dan wisata eksotis lainnya tanpa berburu kuliner yang lezat.


Nahh.., kali ini Lemari Wisata akan mengajak kalian untuk berwisata kuliner dengan mengicip-icip berbagai macam minuman khas Indonesia yang pastinya akan menyegarkan dan amat nikmat untuk melepas dahaga ?

Apa sajakah itu? Yuk, segarkan tenggorokanmu dengan berbagai minuman khas Indonesia ini!

Lihat Disini !!! Minuman Khas Nusantara Yang Menyegarkan


Es Pisang Ijo dan Es Palu Butung


Makasar juga nggak mau kalah. Es Pisang Ijo dan Es Palu Butung, keduanya memiliki kesamaan dalam penyajiannya. Cuma, kalau Es Pisang Ijo, pisang kepok yang disajikan dalam mangkuk dibalut dengan adonan yang dikukus. Sementara Es Palu Butung menggunakan pisang raja yang nggak dibalut apa-apa. Keduanya layak kamu coba! Karena minuman ini begitu menyegarkan dan mengenyangkan

Es Dawet atau Es Cendol



Minuman menyegarkan satu ini biasa disebut es cendol oleh orang Sunda. Sementara di Jawa Tengah, minuman ini dikenal sebagai es dawet. Minuman ini terbuat dari tepung beras yang dibentuk dengan cetakan khusus, dicampur dengan gula merah, santan, dan ditimbun dengan parutan es. Rasanya manis gurih dan segar tentuya!

Es Teler

Dengan campuran potongan buah alpukat, kelapa muda, dan potongan nangka yang kemudian disirami santan kelapa dan sedikit susu sebagai pemanis ini jelas menjadi primadona di kala dahaga menyerang tenggorokanmu. Nyes, segernya matapp !!!

Es Oyen




Ada yang bilang, es ini berasal dari Sidoarjo, tapi ada yang bilang bahwa Es Oyen ini merupakan khas Bandung. Nggak masalah! Yang penting minuman ini benar-benar segar di kerongkongan. Sebenarnya, Es Oyen ini mirip dengan Es Teler. Yang membedakan hanya mutiara sagu dan agar-agar yang menggenang di dasar gelas ketika kamu minum Es Oyen ini. Sungguh kenikmatan yang tiada tara!!

Es Selendang Mayang



Minuman yang berbahan dasar sagu aren dan adonan kue yang dibuat seperti agar-agar ini berasa manis legit. Apalagi dikucuri dengan sirup atau gula Jawa, santan, dan es batu. Nah, warna-warni agar-agar inilah yang membuat minuman segar ini disebut selendang mayang. Sayangnya Es Selendang Mayang ini sudah mulai jarang ditemukan.

Bir Pletok


Eitsss jangan salah ini bukan minuman yang memabukan kok. Bir Pletok ini beda. Diberi nama Bir, karena konon katanya, orang-orang Betawi gedongan kebanyakan nongkrong sama orang-orang Belanda. Makanya, minuman khas Betawi ini dikasih nama bir juga. Bir pletok ini sebenarnya terbuat dari jahe, sereh, kayu manis, dan gula. Sementara warna merahnya berasal dari kayu secang. Buat menghangatkan tubuh, Bir Pletok jagonya!

Sekoteng




Minuman penghangat tubuh ini berasal dari Jawa Tengah. Ramuan pastinya adalah jahe yang dicampur dengan kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Minuman ini biasanya hanya dijual ketika malam hari. Sebab berguna untuk menghangatkan tubuh.

Wedang Uwuh



Nggak jarang, orang menyebut minuman sampah untuk Wedang Uwuh. Ya, dari namanya, Uwuh berarti sampah dalam bahasa Jawa. Minuman khas Jogja ini terbuat dari berbagai rempah-rempah yang dimasukkan ke dalam segelas air jahe. Nah, rempah-rempah inilah yang membuat Wedang Uwuh menyimpan banyak khasiat bagi peminumnya.

Sarsaparilla



Minuman ini merupakan karbonasi layaknya cola. Ketika kamu menyesapnya, ada rasa mint di lidahmu yang juga bisa bikin hidung dan tenggorokanmu berasa plong! Aromanya memang seperti jamu, tapi lebih enak dari jamu sih. Cobain deh kalau main ke Jogja!

Teh Talua



Buat kamu yang butuh tambahan stamina untuk kebugaran tubuhmu, cobalah menyeruput Teh Talua dari Padang ini. Minuman ini terbuat dari teh manis yang dicampur telur ayam kampung, dan diberi perasan jeruk nipis. Mungkin kamu mengira minuman ini bakal amis. Eits, selama kamu bisa mengolahnya, teh ini akan terasa nikmat kok.

Lahang


Minuman khas pasundan ini merupakan minuman isotonik yang sudah ada sejak dulu.  Nah, minuman ini berasal dari endapan air pohon aren yang memiliki rasa manis, adem, dan segar! Pas banget diminum siang hari. Sayang sekali, minuman ini sudah mulai susah nyarinya.

Nah, itulah minuman-minuman khas Nusantara yang wajib kamu coba saat traveling. Meskipun minumaan itu bisa dikatakan minuman daerah tapi kesegaran dan kenikmatannya tak kalah dengan minuman yang ada di restoran ternama. Yang penting Segar ... !!!