Oleh-Oleh Khas Jogja Paling Favorit

Bicara tentang Yogyakarta, pasti banyak sekali ungkapan dan julukan untuk kota istimewa yang satu ini. Jogja menawarkan berbagai macam wisata, baik dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, dan masih banyak wisata yang lainnya. Memang berjalan-jalan di kota Yogyakarta sangat menyenangkan. Dari mengunjungi berbagai tempat wisata menarik, sampai memuaskan lidah dan perut dalam wisata kuliner keliling Jogja. 

Nah, apabila kamu sudah puas mengelilingi Kota Jogja, mengunjungi tempat-tempat wisatanya, dan juga mencicipi kuliner khasnya, maka belum lengkap jika kamu tidak membawa oleh-oleh khas Jogja untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan tentang Kota Jogja, ataupun untuk dibagikan kepada sanak keluarga serta teman-teman kamu. Berikut ini beberapa Oleh-oleh khas Jogja yang paling di favoritkan para wisatawan.





Lihat Disini !!! Oleh-Oleh Khas Jogja Paling Favorit



Bakpia Pathok




Belum lengkap kalau pergi ke Jogja belum mencicipi makanan khas Jogja yang satu ini. Jajanan yang berisi cokelat, keju dan kacang ini memang sudah tak asing lagi bagi para wisatan Jogja. Harganya yang terjangkau serta rasanya yang nikmat membuat bakpia pathok menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib di bawa pulang oleh para wisatawan. Untuk menemukan makanan ini pun sangat mudah, karena bakpia banyak dijual di sentra oleh-oleh yang ada di Yogyakarta.

Yangko




Jika dibandingkan dengan bakpia, nama Yangko masih kurang populer dan jarang didengar sebagai oleh-oleh kahs Jogja. Bagi kamu yang tidak tahu apa itu Yangko? Yangko merupakan jajanan yang hampir mirip dengan kue moci, makanan kecil ini terbuat dari tepung beras ketan yang berisi kacang cincang. 

Yangko memiliki rasa yang lembut, kenyal, dan manis yang siap menggoyang lidah kamu. Jajanan yang satu ini juga salah satu makanan oleh oleh yang banyak digemari oleh wisatawan. Pastinya rasa yangko ini tidak kalah oleh rasa bakpia. 


Coklat Monggo




Di Yogyakarta, kamu dapat menikmati coklat Yogyakarta dengan cita rasa Belgia, namanya Coklat Monggo. Coklat Monggo diolah dari biji coklat pilihan yang didapat dari Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Pemilik Coklat Monggo ini merupakan pria berkebangsaan Belgia, sehingga ia tahu benar bagaimana cara meracik coklat yang tepat dan menghasilkan rasa yang nikmat khas coklat di negerinya. Meskipun pemiliknya orang asing, Coklat Monggo tetap membawa unsur budaya Jawa. Hal ini bisa terlihat dari namanya, ‘monggo’, yang dalam bahasa Jawa berarti ‘silakan’. Hal lainnya terlihat dari kemasan coklat yang menampilkan gambar wayang. Selain itu, Coklat Monggo juga sangat ramah lingkungan. Kemasannya terbuat dari kertas daur ulang bersertifikat yang aman untuk kemasan makanan. Coklat monggo ini dapat kamu temukan di Kotagede.

Batik




Batik tak bisa dilepaskan begitu saja dari Yogyakarta. Batik juga selalu masuk dalam daftar oleh-oleh yang wajib dibeli oleh wisatawan yang datang ke kota ini. Batik tak hanya berupa kain dan pakaian. Kreatifitas warga Yogyakarta menjadikan batik dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, sebut saja tas, syal dan sandal.
Tempat yang bisa kamu kunjungi untuk berburu batik tentu saja kawasan Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo. Selain dua tempat populer ini, kamu bisa mengunjungi Desa Karebet yang merupakan desa wisata penghasil kerajinan batik.


Kaos Dagadu




Kaos khas jogja ini merupakan kaos yang identik dengan kata-kata plesetan khas jogja yang membuat kamu tertawa jika membaca tulisan yang terdapat pada kaos tersebut. Dagadu sendiri berasal dari bahasa Walikan atau bahasa gaul Yogyakarta, yang berarti 'matamu'. 

Hal itu semakin jelas terlihat pada logo kaos yang berbentuk gambar sebuah mata. Dagadu merupakan brand kaos yang telah menjadi bagian identitas wisata Jogja. Saat ini, kamu dapat menjumpai kaos Dagadu dibanyak tempat, baik itu di pasar maupun emperan jalan. 

Untuk tempat pembelian, kamu bisa menemukan kaos Dagadu ini di Mal Malioboro, Ambarukmo Plaza, dan di daerah Pakuningratan. Saat ini terdapat banyak sekali kaos abal-abal yang mencatut nama Dagadu. Agar tak tertipu, sebaiknya kamu membeli di ke-tiga tempat tersebut. 


Kerajinan Perak


Kerajinan perak menjadi jenis oleh-oleh khas Jogja lainnya yang wajib kamu beli. Untuk mendapatkan kerajinan perak ini, silakan datang ke Kotagede, berjarak 5 km dari pusat kota Yogyakarta, yang dikenal sebagai sentra penghasil kerajinan perak sejak zaman Kerajaan Mataram.


Nahhh, itu dia oleh-oleh khas Jogja yang paling diburu para traveler. Buat kamu yang akan atau ingin pergi ke Jogja jangan lupa untuk membeli oleh-oleh diatas J