Ragam Bubur Khas Indonesia Dijamin Bangkitkan Nafsu Sarapanmu

Makan pagi atau sarapan memang sangat penting untuk menunjang aktivitas kita seharian, Tak sedikit orang yang ogah untuk sarapan dengan alasan menunya terlalu berat dan akan menimbulkan efek mengantuk ketika beraktivitas. Tapi tak semua menu sarapan memiliki kandungan yang berat. Kamu bisa memilih menu sarapan bubur khas Indonesia  misalnya. Biar cocok dengan lidahmu dan juga perutmu. Selain itu kamu tak akan merasa bosan untuk memakannya setiap hari, kenapa ? karena di Indonesia memiliki beragam resep bubur khas Indonesia yang sangat nikmat dan beragam tentunya akan pas dengan seleramu.

Ragam Bubur Khas Indonesia
Ragam Bubur Khas Indonesia




Bagaimana ? Menarik bukan ? Penasaran seperti apa saja menu bubur khas Indonesia yang akan menggugah seleramu ? Yuk simak bersama di bawah ini !!

Ragam Bubur Khas Indonesia Dijamin Bangkitkan Nafsu Sarapanmu


Bubur Ayam Cianjur

Bubur Ayam Cianjur
Bubur Ayam Cianjur

Bubur Ayam Cianjur adalah bubur yang dibumbui kecap asin dan kuah berbumbu pepes. Bumbu pepes terdiri dari kaldu ayam dengan paduan bumbu pepes dan irisan daun bawang plus hati-ampela-usus serta kentang. Taburannya adalah kacang kedelai goreng, emping, dan kerupuk putih khas Cianjur. Rasa bubur Cianjur itu gurih, kental, dan lezat. Bubur yang paling terkenal lezatannya ada di Pasar Bojong Meron, Cianjur.

Bubur Sukabumi

Bubur Sukabumi
Bubur Sukabumi



Bubur Ayam Sukabumi merupakan bubur ayam yang kuahnya mengunakan kaldu ayam. Biasanya disajikan dengan pangsit dan daging ayam yang direbus buat kaldu tadi menambah cita rasa gurih dan enak dari bubur tersebut.Tidak hanya itu bubur ayam sukabumi juga di padu dengan aneka lalapan menambah meriah suasana memakan bubur yang satu ini.

Bubur Manggul Madura

Bubur Manggul Madura
Bubur Manggul Madura


Papeda sering juga disebut bubur ‘lem’ karena teksturnya yang lengket. Jadi butuh usaha ekstra untuk memakannya. Meski begitu rasanya sanggat menggiurkan. Papeda biasanya disantap bersama kuah kuning, yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara dan dibumbui kunyit dan jeruk nipis.

Papeda adalah makanan khas masyarakat Papua, Maluku dan sekitarnya. Berupa bubur yang dibuat dari sagu basah dari pohon sagu. Teksturnya beda dengan tepung sagu kemasan karena belum melewati proses pengeringan pabrik. Baunya khas agak kecut. Kalau aku masak sagu ini hubby nggak berani dekat dekat dapur. Dia heran kok orang suka sama makanan yang baunya seperti itu

Bubur Manggul Madura


Bubur Manggul Madura
Bubur Manggul Madura



Bubur asli Madura, bubur manggul. Bubur yang terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan serundeng.Biasanya bubur khas Indonesia ini juga disajikan dengan sambal goreng udang Kalau di Madura menyajikan bubur manggul sebagai siraman lontong lengkap dengan serundengnya.

Serundeng yang digunakan berbeda dengan serundeng yang biasanya manis. Serundeng yang digunakan untuk bubur manggul lebih gurih dan harum jeruknya terasa. Bubur manggul mempunyai cita rasa unik. Perpaduan rasa pedas dari sambel goreng udang dan ditambah dengan rasa gurih dari taburan serundeng.

Bubur Pedas Sambas, Kalimantan Barat

Bubur Pedas Sambas, Kalimantan Barat
Bubur Pedas Sambas, Kalimantan Barat
 Bubur pedas sebenarnya buburnya orang melayu. Jadi tidak jarang banyak daerah yang mempunyai bubur pedas sebagai makanan khasnya. Meskipun begitu, cita rasa bubur pedas tiap daerah pasti berbeda. Bubur Pedas yang paling terkenal adalah bubur pedas dari kota Sambas di Kalimantan Barat.

Dulu bubur pedas ini disajikan di kerajaan, dan merupakan cerminan budaya yang kental di kerajaan Melayu Deli. Bubur pedas juga biasa dikenal dengan nama Bubbor Paddas (Bubur Pedas). Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus dioseng dan kaya akan rempah serta sayuran. Biasanya sayuran yang digunakan adalah kangkung, pakis, daun kesum.

Bubur Tinutuan Manado

Bubur Tinutuan Manado
Bubur Tinutuan Manado

Bubur ini cocok sekali dinikmati pas musim hujan seperti sekarang ini apalagi buat yang lagi diet. Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari Manado, Sulawesi Utara. Ada juga yang mengatakan tinutuan adalah makanan khas Minahasa, sulawesi Utara. Tinutuan berbahan utama beras dan merupakan campuran berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging, sehingga makanan ini bisa menjadi makanan pergaulan antarkelompok masyarakat di Manado.

Tinutuan biasanya disajikan untuk sarapan pagi beserta berbagai pelengkap hidangannya seperti ikan asin dan sambal dabu-dabu. Tinutuan di Manado bisa juga disajikan dengan perkedel nike dan sambel roa (rica roa, dabu-dabu roa), ikan cakalang fufu atau tuna asap, dan perkedel jagung. Atau tinutuan juga bisa disajikan dengan campuran mie atau sup kacang merah yang disebut brenebon. Tinutuan yang disajikan bersama mie disebut midal.

Bubur Ase Betawi

Bubur Ase Betawi
Bubur Ase Betawi

Bubur Ase biasanya hanya muncul di acara festival makanan khas daerah. Bubur yang merupakan kuliner khas Betawi ini memiliki rasa yang enak, beda dan unik. Tampilanya tidak seperti bubur khas Indonesia pada umumnya. Selain emping dan kerupuk, di permukaanya ada toge, lobak, sawi asin, serta kuah yang berwarna coklat. Yah, sesuai dengan namanya  Ase yang merupakan singkatan dari asinan semur. Bubur Ase merupakan perpaduan antara bubur, asinan sawi dan kuah semur. Rasa manis dan gurih dari kuah semur berpadu sempurna dengan rasa asam, asin dan pedas dari asinan sawi. Hal ini yang menjadikan Bubur Ase begitu kaya rasa. Selain bubur yang lembut, dalam mangkuk bubur itu terdapat daun sawi asin, lobak, toge, timun, kacang tanah, kerupuk merah, emping, semur tahu, dan daging sapi.

Bubur Lemo Solo

Bubur Lemo Solo
Bubur Lemo Solo

Bubur lemu adalah makanan khas kota Solo. Bubur khas Indonesia ini juga sering dikenal dengan nama jenang lemu. Bubur ini terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan santan sehingga rasanya gurih. Bubur lemu disajikan dengan disiram kuah bumbu santan berwarna agak kemerahan ditambah dengan lauk krecek, suwiran ayam, atau telur.


Nahhh. Itu dia beberapa bubur khas Indonesia. Bagaimana ? Sudah menentukan menu bubur untuk sarapan besok ?