Ini Dia !!! Tempat Wisata di Kota Sukabumi Paling Memikat

Keindahan tempat wisata Sukabumi terletak pada wisata alamnya yang menawan. Topografi wilayah Sukabumi yang dikelilingi pegunungan membuat udara di daerah tersebut begitu segar dengan cuaca yang sejuk, salah satu destinasi wisata Jawa Barat yang menarik. Kota Sukabumi terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango, dengan ketinggian 584 meter dpl, dan suhu udara maksimum 29 derajat celcius.

Tempat Wisata di Kota Sukabumi
Tempat Wisata di Kota Sukabumi 

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata Sukabumi yang paling memikat, beberapa di antaranya menyuguhkan pesona wisata alam Sukabumi yang mengesankan untuk dikunjungi.

Ini Dia !!! Tempat Wisata di Kota Sukabumi Paling Memikat 


Arung Jeram Sungai Citarik


Arung Jeram Sungai Citarik
Arung Jeram Sungai Citarik


Biasanya Sungai Citarik digunakan untuk kegiatan rekreasi perusahaan karena sifatnya membangun kerja sama tim. Bagi pengunjung yang datang dengan grup kecil, tak usah khawatir karena pengunjung arung jeram di Sungai Citarik sangat banyak sehingga dapat bermain arung jeram beramai-ramai.

Arung Jeram Sungai Cicatih

Arung Jeram Sungai Cicatih
Arung Jeram Sungai Cicatih



Sungai Citatih merupakan alternatif wisata petualangan serta kerja sama tim di Sukabumi. Karakter Sungai Citatih dengan Sungai Citarik sangat berbeda. Sungai Citatih memiliki air yang lebih deras, juga jalur yang lebih panjang, sungainya lebih lebar, dan tantangannya pun juga lebih mendebarkan. Sungai Citatih cocok buat kamu yang ingin memacu adrenalin karena Sungai Citatih mmpunyai tantangan yang lebih seru. Tapi untuk para pemula arung jeram, lebih baik mencoba Sungai Citarik terlebih dahulu.

Pantai Cimaja

Pantai Cimaja
Pantai Cimaja

Pantai Cimaja menawarkan pemandangan yang indah dengan ombak yang besar, sehingga cocok untuk olahraga selancar. Banyak para pengunjung Pantai Cimaja yang mengatakan tentang keindahan pantai ini, yang tak kalah bagus dari pantai-pantai di Bali. Tak heran banyak para turis asing datang berkunjung di pantai ini, sebagian dari mereka adalah peselancar.

Pantai Ujung Genteng


Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng

Sebuah pantai indah yang memiliki tempat penangkaran penyu hijau. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Ciracap, lebih kurang sekitar 220 km dari kota Jakarta. Walaupun jarak menuju pantai ini cukup jauh, namun kamu tidak akan kecewa jika sudah berada di kawasan Pantai Ujung Genteng, karena kamu akan melihat langsung pantai yang berpasir putih dengan ombak yang menggulung. Pantai Ujung Genteng menawarkan keharmonisan alam sehingga bisa mengobati segala kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Di sini kamu dapat berselancar dan juga memancing.

Pantai Cibangban

Pantai Cibangban
Pantai Cibangban

Pantai Cibangban adalah pantai bersih dan memiliki karakteristik ombak yang lebih tenang apabila dibandingkan dengan Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai ini berlokasi lebih kurang sekitar 10 km dari Pelabuhan Ratu. Untuk bisa mencapai lokasi Pantai Cibangban, kamu harus ambil jalan menuju ke Cisolok. Lama waktu perjalanan dari Pelabuhan Ratu lebih kurang sekitar 1 jam. Pantai Cibangban cocok untuk berenang, karena ombaknya yang tenang. Bila kamu ingin menginap, tak usah khawatir karena di sini terdapat hotel dan cottage yang ada di sepanjang pantai.

Taman Rekreasi Selabintana

Taman Rekreasi Selabintana
Taman Rekreasi Selabintana

Tempat wisata Sukabumi yang menawarkan suasana asri dari hijaunya pegunungan, taman rekreasi ini berlokasi di kaki Gunung Pangrango, sekitar 7 km dari utara kota Sukabumi. Taman Rekreasi Selabintana dilengkapi berbagai fasilitas penunjang wisata. Taman rekreasi ini sangat cocok untuk keluarga yang ingin berpiknik menikmati hijaunya pegunungan.

Situ Gunung

Situ Gunung
Situ Gunung


Situ Gunung merupakan salah satu lokasi paling favorit para fotografer Indonesia. Terletak di Kecamatan Kadu Dampit, tepatnya berada di kaki Gunung Pangrano, lebih kurang sekitar 16 km dari Kota Sukabumi. Seperti wisata danau lainnya, di sini kamu bisa bermain perahu, memancing, berpiknik,  berkemah, dan lain-lain. Jalan menuju Situ Gunung masih sangat minim penerangannya, jadi alangkah baiknya jika kamu berkunjung pada saat pagi atau siang hari saja. Selain itu, signal handphone juga kurang bagus di sini.

Situ Sukarame

Situ Sukarame
Situ Sukarame


Panorama alam yang ditawarkan di kawasan wisata ini sangat indah, hamparan kebun teh yang mengelilingi menambah pesona daya tarik pemandangan sekitar. Udara di sini pun juga sangat sejuk dan segar. Memancing dan berselancar adalah kegiatan alam yang menarik untuk dilakukan di situ ini. Situ Sukarame merupakan destinasi favorit yang banyak dikunjungi orang.

Kawah Ratu

Kawah Ratu
Kawah Ratu
Kawah Ratu merupakan kawah aktif yang mengeluarkan uap panas, berlokasi di lereng Gunung Salak. Kawah Ratu adalah tempat wisata favorit para pecinta alam, karena untuk bisa mencapai tempat wisata ini, kamu harus menempuh perjalanan yang mendaki dan melewati perjalanan setapak lebih kurang selama 3 jam. Bila kamu ingin mendaki, jangan lupa membawa peralatan untuk mendaki seperti, kompas, jas hujan, payung, senter, sandal gunung, bekal makanan, dan lain-lain.

Geopark Ciletuh


Geopark Ciletuh
Geopark Ciletuh



Destinasi wisata ini masih terbilang alami dengan suguhan panorama alam yang sangat memikat, dengan pemandangan pegunungan, pantai, bukit, hingga bebatuan purba. Geopark Ciletuh berada di Kecamatan Ciemas. Di area wisata ini juga terdapat air terjun, antara lain Curug Cimarinjung, Curug Cikanteh, Curug Ngelay. dan Puncak Manik. Lama perjalanan menuju Geopark Ciletuh sekitar 5 jam dari pusat Kota Sukabumi.
13. Curug Sawer

Curug Sawer

Curug Sawer
Curug Sawer

Curug Sawer berada di dalam di Kawasan Wisata Situ Gunung, Curug ini memiliki ketinggian sampai 25-30 meter. Curug Sawer masuk dalam pengelolaan hutan termasuk juga RPH Cipaku BKPH Gede Barat KPH Sukabumi. Di sini juga ditemui curug yang lain, yaitu Curug Cimanaracun, dimana Curug Cimanaracun adalah sumber dari danau Situ Gunung. Curug ini berjarak lebih kurang sekitar 200 meter dari Wisma Situgunung

Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar
Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar merupakan sebuah kampung yang sudah berumur sekitar 650 tahun dengan adat yang turun temurun sehingga apabila berkunjung ke Kampung Ciptagelar akan menjadi sebuah pengalaman unik dan tak terlupakan. Kampung ini terletak di Kecamatan Cisolok. Untuk bisa melihat wisata budaya dari Kampung Ciptagelar, kamu harus melewati perjalanan yang lumayan sulit. Namun semua akan terbayarkan karena budaya Kampung Ciptagelar adalah kebudayaan yang tidak dapat kamu temui di daerah lain.