Trik Cerdas Beli Oleh-Oleh Saat Liburan

Hal yang sangat melekat dengan liburan ialah membeli oleh-oleh. Kamu tentu ingin membuat teman, kerabat serta keluarga Kamu senang menyambut Kamu dan juga buah tangan atau oleh-oleh yang Kamu bawa. Namun, membeli oleh-oleh terkadang menjadi jebakan saat Kamu membelinya terlalu banyak hingga overbudget. Menyenangkan boleh, namun tetap saja biaya untuk membelinya juga harus masuk dalam anggaran berlibur Kamu. Untuk itu, perhatikanlah trik membeli oleh-oleh di bawah ini.


Trik Cerdas Beli Oleh-Oleh Saat Liburan


Tentukan Barang Yang Akan Dibeli



Jika Kamu pergi ke luar negeri, tentu ada hal-hal juga yang harus Kamu perhatikan saat membeli buah tangan. Misalnya, Kamu pergi wisata ke Korea, dan membelikan hanbok untuk ibu atau adik Kamu. Tapi jangan lupa, barang tersebut nantinya akan dikenakan pajak bea cukai sesampainya di tanah air.


Cari Informasi Mengenai Pusat Oleh-Oleh Khas Daerah Yang Dikunjungi



Sebelum membeli cinderamata khas daerah tersebut, carilah informasi pusat-pusat penjualan oleh-oleh. perhatikan juga waktu buka dan tutup tempat penjualan oleh-oleh tersebut.
berawal dari informasi tersebut, Teman Pejalan tidak akan kebingungan dalam memilih cinderamata atau makanan khas yang akan dibeli. Biasanya, di pusat cinderamata khas daerah, dijual berbagai macam produk.

Siapkan Bujet Khusus




Sebelum pergi traveling, biasakan kamu sudah membuat anggaran biaya untuk masing-masing kebutuhan. Mulai dari akomodasi, transportasi, makan, hiburan, shopping, dan juga membeli oleh-oleh. Belilah sesuai kebutuhan, sesuaikan dengan bujet yang ada. Sementara untuk barang titipan, usahakan untuk meminta uangnya terlebih dahulu sebelum kamu berangkat traveling. Memangnya mau, makan cuma sekali sehari gara-gara uang habis untuk beli barang titipan teman? Apalagi risiko nggak langsung dibayar, tuh!

Jangan Belanja Oleh-Oleh Berlebihan



Sisihkan budjet liburanmu untuk membeli oleh-oleh. Namun jangan sampai membebanimu biaya pengeluaran Teman Pejalan. Alokasikan belanja oleh-oleh kamu sesuai dengan kebutuhan saja.
Selain biaya yang semakin membesar, belanja oleh-oleh yang berlebihan juga akan menyulitkan kamu saat membawanya pulang. Kelebihan tersebut otomatis akan menambah berat kuota bagasi mu. (jika menggunakan transportasi pesawat).

Teliti Sebelum Membeli


Jangan langsung tergiur ketika ditawari barang yang harganya jauh di bawah harga pasaran. Cek dulu kondisi barang atau makanan yang akan kamu beli. Bisa jadi souvenir yang ditawarkan kondisinya sudah rusak, misalnya cat terkelupas, ada goresan, atau retak. Sedangkan untuk makanan, pastikan belum melewati tanggal kedaluwarsa dan kemasannya tertutup rapat agar nggak merepotkan saat kamu membawanya pulang.

Tawar Menawar


Tawar menawar merupakan salah satu proses terpendting dalam membeli oleh-oleh. Pandai-pandailah menawar, dengan begitu bisa menghemat pengeluaran kamu. Biasanya jika kamu mengerti bahasa lokal, akan semakin memudahkan kita untuk mendapatkan harga terbaik.


Saat Kamu bepergian, selalu ingat untuk membelikan oleh-oleh bagi orang terdekat walaupun hanya sebatas gantungan kunci. Hal itu tentunya akan membuat orang terkasih merasa bahagia, bukan karena barang yang diberikan namun karena Kamu masih mengingat mereka saat berada jauh dari tanah air. Selamat berburu oleh-oleh!